Jadi ceritanya minggu-minggu kemarin saya lagi ngerasa nggak nyaman sama kulit wajah. Kerasa kusam, kering, kasar dan berat banget. Padahal tahun ini mau 30 kan yang mana masalah perkulitan akan lebih kompleks lagi nantinya. Trus mulai muncul jerawatan, padahal sih sebenernya karena masuk periode menstruasi, tapii tetep aja ya, bete.

Diingat-ingat, saya memang nggak pernah ngerawat kulit dengan serius sejak hamil Zafran, which iiiiiss more than four years ago. Gile sih emang. Waktu itu target skincare cuma mulus pas nikahan. Abis itu? Bye. Wakaka. Boong ding. Sejujurnya sih karena saat hamil Zaf nggak berani pake skincare dan keterusan sampai Zaf usia setahunan. Habis itu, setelah research sana-sini, akhirnya pake Hada Labo Facial Foam dan FTE. Segitu aja ngerasa udah cukup banget.

Lalu hidayah mulai datang..

Saat maternity leave Andra, saya mulai baca-baca tentang skincare. Tapi pusiiing sendiri karena ternyata skincare routine tuh riweuh banget yaa. Huhu. Sambil mulai nyicil produk-produk yang katanya penting, seperti sunscreen. Iyess, saya baru pakai sunscreen untuk wajah di usia 29 tahun, Huhuhu. Lalu saya juga memperbaiki tahapan cleansing dengan pake Bioderma yang ajaiib banget. Yeah. That’s it!

Sampaiii dua minggu lalu saat kerasa kayak mau breakout. Seram! Akhirnya maksain facial di Erha. Bener aja dong, komedonya buanyaaak banget dan panjang-panjang banget. Bayangin aja, itu endapan selama 4 tahun. Deuuh.

Tidak langsung puas dengan Erha, saya merasa harus mulai bener-bener ngejaga wajah yang udah mulai kerasa cukup bersih ini. Harus banget. Karena tumbuh dalam keluarga yang minim banget perawatan tubuh, boro-boro mau pake skincare, punya kesadaran tentang pentingnya merawat tubuh aja ga ada. Maka saat mulai punya kesadaran kayak gini, harus banget dijabanin.

Saya punya tekad untuk nggak meneruskan budaya yang menurut saya harus dirubah, termasuk soal merawat tubuh ini. Walau syusyaaah banget deh beneran, tapi harus banget diusahakan. Hosh!

Alhamdulillah wa syukurillah, saya ‘ketemu’ Skincare 101 with Affi Assegaf nya Female Daily. And it feels like ……... *speechless*

Jadi, akhirnya saya menemukan tiga hal yang penting bangetttt untuk dipahami dalam merawat kulit. Tiga hal tersebut adalah..

Skincare Routine

Skincare routine itu sebenernya terdiri dari 4 tahapan yaitu cleansing, toning, moisturizing danprotecting. Semua tahapan punya tujuannya masing-masing. Nanti bakal kubahas detailnya termasuk apa aja produk yang udah pernah saya pakai daaan berikut catatn wishlist saya.

Kenali Jenis Kulit

Kenali karakter kulit, apakah kering, berminyak, kombinasi atau sensitif. Pencerahan ini saya dapat pertamaaa kali dari Shanti. Kenapa penting? Karena produk skincare akan memberikan hasil optimal pada jenis kulit tertentu. Bahkan, kalo ga cocok, malah mungkiiin bisa bikin kondisi kulit makin parah.

Kalau udah expert, mungkin bisa naik level jadi, kenali masalah kulitmu. Kalo udah tau masalahnya apa, lalu kenali penyebabnya. Ini akan membuat kita lebih mudah mencari solusi yang tepat untuk masalah tersebut.

Misal nih ya, kayak saya yang gemes banget sama area undereye yang ngegerenjel. Saya baru tau dari sini kalo ternyata masalah itu adalah bruntusan, dan itu disebabkan karena adanya kumpulan protein di bawah kulit yang diakibatkan karena saya nggak pernah melakukan exfoliasi. Dari situ saya jadi tau bahwa saya perlu rajin melakukan exfoliasi agar tidak terjadi tumpukan protein di bawah kulit saya.

Konsisten

Diulangi lagi ya, kon-sis-ten. Huahahaha. Ini emang kunci dari segala keinginan yak. Dan tentu saja pualing susah, terutama buat saya yang kesadaran ngerawat kulitnya masih secuil. Apalagi dengan kondisi punya bayik dan toddler, kerjaan kantor, usaha rintisan dan kuliah. *prang!*

Tapii kalo ngebayangin muka mulus bikin suami seneng, siapa sih yang ga mau? Jadi, tiap malas melanda, semoga impian kulit mulus bisa memerangi malasnya. Hahah..

Posted by:Ovie Asykari

Ibu yang cintanya untuk FF, Zaf & Andra nggak pernah habis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s